Jumat, 20 Januari 2012

Benarkah Yesus adalah Tuhan?

Sudah lama orang Kristen termasuk saya dan saudara percaya dan menyembah Yesus sebagai Tuhan. Tetapi keimanan kita itu terus menerus dibantah oleh segelintir orang, yaitu mereka yang akan binasa. Mendengar bantah-bantahan itu kita tidak bisa tinggal diam. Kita harus menjawab mereka sesuai dengan dasar firman Tuhan yang sungguh membuktikan bahwa Yesus adalah Allah sejati. Siapa tahu dengan jawaban itu, mereka masih bisa bertobat dan diselamatkan. Adapun dasar firman Tuhan yang membuktikan ketuhanan Yesus akan dicantumkah dalam warta ini selama beberapa minggu ke depan.
Dalam beberapa ayat Alkitab ada kalimat-kalimat yang diucapkan oleh Yesus tentang hak-Nya/kuasa-Nya dalam hal mengampuni dosa manusia. Apa yang diucapkan oleh Yesus ini tentu sangat penting karena hak/kuasa mengampuni dosa hanya dimiliki oleh Allah sendiri. Jadi ketika Yesus mengklaim hal itu berarti Ia menyamakan diri-Nya dengan Allah yang Mahakuasa.
Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni." Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: "Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?
(Lukas 5:20)
Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni.” Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: "Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?"
(Lukas 7:48-49)
Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" Dan orang itu pun bangun lalu pulang.
(Matius 9:6-7 bdg. Markus 2:10-12 & Lukas 5:24-25)