Kamis, 22 September 2011

BIARLAH HATIMU DIPERKUAT DENGAN KASIH KARUNIA

  

Ibrani 13:9

Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia …


Tuhan tidak ingin hatimu penuh kekuatiran dan ketakutan, diombang-ambingkan kian kemari oleh setiap tantangan yang datang. Dia ingin hatimu tenang dan diperkuat oleh kasih karunia-Nya bagimu.
Tapi ketika kau berpikir bahwa terobosan atas tantanganmu tergantung pada kemampuanmu untuk mentaati Tuhan, maka hatimu tidak akan tenang. Hatimu akan penuh dengan kekuatiran dan tekanan. Mengapa? Karena kau tak akan pernah dapat mentaati Tuhan dengan sempurna.

Tapi waktu kau bersandar pada kasih karunia Tuhan, yakni, perkenanan-Nya yang tidak berdasarkan usaha atau kelayakan, kebalikannya akan terjadi – hatimu akan menjadi kuat. Saat kau tahu satu-satunya hal yang melayakkanmu menerima berkat Tuhan adalah iman dalam karya sempurna Kristus, hatimu menjadi kuat. Lalu, kau akan melangkah tanpa ketakutan bahwa masalahmu akan menelanmu. Kau akan berjalan dengan penuh keyakinan bahwa berkat-Nya akan menjadi kenyataan dalam hidupmu.
Saudaraku, Tuhan ingin hatimu diperkuat, dengan mengetahui kebenaran-Nya, kesembuhan-Nya, perlindungan-Nya, dan kekayaan-Nya adalah milikmu – semua telah dibayar lewat karya sempurna Yesus di kayu salib. Berkat Tuhan menjadi pasti dalam hidupmu karena tidak tergantung pada kemampuanmu melakukan hukum taurat, tapi ketaatan Yesus yang sempurna.
Perhatikan, di bawah hukum taurat, kau menerima berkat Tuhan hanya jika kau melakukan semua perintah-Nya (Ulangan 28:1-2). Jika kau berdosa dan gagal untuk melakukan salah satu hukum saja, kau menjadi tidak layak menerima berkat-Nya. Tapi hari ini, di bawah Perjanjian Baru, dosa-dosamu, tidak lagi menjadi syarat karena Tuhan sendiri berfirman, “Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka” (Ibrani 8:12)
Jadi biarlah hatimu diperkuat oleh kasih karunia Tuhan. Karena kasih karunia-Nya, kau memiliki jalan masuk penuh untuk mendapatkan berkat-Nya. Kau tak lagi perlu kuatir apakah kau cukup baik. Kau dapat berdiri teguh atas janji-janji firman-Nya dan menikmati berkat-Nya hari ini karena Yesus telah membayar harganya. Bagianmu hanyalah untuk percaya dan menerima!
Ps. Joseph Prince