Eleazar, (Ibrani אֶלְעָזָר - 'ELEAZAR, 'Allah ialah penolong'). Anak ketiga dari Harun dan Eliseba, dan suami dari salah seorang anak perempuan Putiel, yg melahirkan Pinehas (Keluaran 6:23-25; Bilangan 3:2). Hidup Eleazar menunjukkan sifat imamat bangsa Israel pada zaman teokrasi.
Harun dengan keempat anaknya dikhususkan untuk pelayanan Tuhan (Imamat 9) dan sesudah Nadab dan Abihu mati, Harun dan Eleazar meneruskan tugas-tugas imamat (Bilangan 3:2-4). Eleazardiangkat menjadi pemimpin suku Lewi (Bilangan 3:32) dan kepadanya ditugaskan pemeliharaan tempat kudus dan tugas-tugas imam yg lain (Bilangam 4:16; 16:37,39; 19:3 dab).
Kematian Harun dicatat dengan rinci dalam Bilangan 20. Bangsa Israel sudah meninggalkan Kadesy dan sedang menuju tanah yg dijanjikan kemudian tiba di Gunung Hor. Di situ Harun harus mati: seperti diperintahkan Allah, Musa, Harun dan Eleazar bersama-sama naik ke puncak gunung itu, lalu Musa menanggalkan pakaian keimaman Harun dan mengenakannya kepada Eleazar (ayat 23-29). Eleazar menjadi imam menggantikan dia (Ulangan 10:6).
Hubungan Yosua dengan Eleazar disajikan dalam Bilangan 27: 15-23. Musa menyuruh Yosua berdiri di depan imam Eleazar, yg akan menjadi penasihatnya melalui pemakaian Urim, bila ia hendak keluar atau hendak masuk (ayat 21).
Tugas-tugas imam tidak terbatas pada melayani kemah suci saja. Eleazar membantu Musa dalam menghitung umat Israel (Bilangan 26: I ,3,63) dan dalam peristiwa yg penting, yaitu membagi-bagi tanah Kanaan (Bilangan 32:2; 34:17). Di kemudian hari ia membantu Yosua dalam melaksanakan pembagian itu (Yosua 14:1,19-51).
Harun dengan keempat anaknya dikhususkan untuk pelayanan Tuhan (Imamat 9) dan sesudah Nadab dan Abihu mati, Harun dan Eleazar meneruskan tugas-tugas imamat (Bilangan 3:2-4). Eleazardiangkat menjadi pemimpin suku Lewi (Bilangan 3:32) dan kepadanya ditugaskan pemeliharaan tempat kudus dan tugas-tugas imam yg lain (Bilangam 4:16; 16:37,39; 19:3 dab).
Kematian Harun dicatat dengan rinci dalam Bilangan 20. Bangsa Israel sudah meninggalkan Kadesy dan sedang menuju tanah yg dijanjikan kemudian tiba di Gunung Hor. Di situ Harun harus mati: seperti diperintahkan Allah, Musa, Harun dan Eleazar bersama-sama naik ke puncak gunung itu, lalu Musa menanggalkan pakaian keimaman Harun dan mengenakannya kepada Eleazar (ayat 23-29). Eleazar menjadi imam menggantikan dia (Ulangan 10:6).
Hubungan Yosua dengan Eleazar disajikan dalam Bilangan 27: 15-23. Musa menyuruh Yosua berdiri di depan imam Eleazar, yg akan menjadi penasihatnya melalui pemakaian Urim, bila ia hendak keluar atau hendak masuk (ayat 21).
Tugas-tugas imam tidak terbatas pada melayani kemah suci saja. Eleazar membantu Musa dalam menghitung umat Israel (Bilangan 26: I ,3,63) dan dalam peristiwa yg penting, yaitu membagi-bagi tanah Kanaan (Bilangan 32:2; 34:17). Di kemudian hari ia membantu Yosua dalam melaksanakan pembagian itu (Yosua 14:1,19-51).
Waktu timbul soal warisan kaum perempuan, hal ini dibawa ke hadapan Musa dan Eleazar untuk diputuskan (Bilangan 27:2), dan Eleazar bersama Yosua melaksanakannya (Yosua 17:4). Tatkala Musa menyuruh umat Israel berperang melawan orang Midian, mereka disertai Pinehas, anak Eleazar (bandingkan Ulangan 20: 2), dan Eleazar tinggal menyertai Musa. Waktu Musa menerima jarahan perang, Eleazar ada di sampingnya (Bil 31 :6, 12). Kitab Yosua berakhir dengan berita pendek mengenai kematian Eleazar dan penguburannya (Yosua 24:33).
Sumber :
Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, Vol 1, Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2004, hlm 275.
Eliezer, (Ibrani אֱלִיעֶזֶר - 'ELI'EZER, 'Allah penolong'). Nama ini sering muncul dalam Alkitab:
1. Eliezer orang Damsyik, hamba utama Abraham dan ahli warisnya sebelum kelahiran Ismael dan Ishak (Keluaran 15: 2-3). Kebiasaan yg memperbolehkan suatu keluarga yg tanpa anak mengangkat seseorang dari luar keluarganya menjadi ahli warisnya, diketahui dari banyak sumber bertarikh thn 2000-1500 sM. Ahli waris yg diangkat seperti itu menduduki tempat kedua Jika seorang anak sulung lahir kemudian. Lihatjuga D.J Wiseman, IBA, 1959,hlm25-26. Mengenai kebiasaan ini di Ur. ± 1800 sM, lihat DJ Wiseman, Ilustration from Biblical Archaeology, 88, 1956, hlm 124. Mengenai contoh-contoh kebiasaan ini dalam lempeng dari Nuzi, lihat C. H Gordon, BA 3, 1940, hlm 1-12; dalam Speiser, Annual of the American School of Oriental Research 10, 1930, terdapat terjemahan naskah-naskah dari Nuzi H 60; H fl7 (hlm 30, 32 dst).
2. Anak Musa yang kedua diberi nama Eliezer sebagai ingatan luputnya Musa dari pedang Firaun (Keluaran 18:4; I Tawarikh 23: 15). Anak Eliezer hanya satu. yaitu Rehabya, tapi keturunan Rehabya banyak, dan seorang di antaranya Selomit, yg menjadi pengawas perbendaharaan barang-barang kudus yg dikuduskan Daud (l Tawarikh 23: 17-18; 26:25-26).
3. Cucu Benyamin yg menjadi nenek moyang dari suatu suku Benyamin di kemudian hari (1 Tawarikh 7:8).
4. Salah seorang dari 7 imam yg meniup sangkakala (atau nafiri; Yosua 6:4; I Tawarikh 15:24) di hadapan tabut Allah, waktu Daud membawanya ke Yerusalem.
5. Eliezer anak Zikhri, kepala suku Ruben pada pemerintahan Daud (1 Tawarikh 27: 16).
6. Nabi ygmenubuatkan kepada raja Yosafat dari Yehuda, bahwa armada kapalnya yg di Ezion-Geher akan pecah, sebagai hukuman karena ia bersekutu dengan Ahazia, raja Israel yg fasik itu (2 Tawarikh 20:35-37).
7. Satu dari 11 orang yg ditugaskan Ezra untuk mencari orang-orang Lewi yg hendak kembal i ke Yerusalem pada thn 458 sM (Ezra 8:16 dab).
8-10. Tiga orang. termasuk seorang imam dan seorang Lewi, yg telah mengambil istri dari bangsa asing (Ezra 10: i 8, 23, 31).
11. Seorang yg tampil dalam garis silsilah kemanusiaan Yesus dalam Lukas 3:29.
Sumber :
Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, Vol 1, Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2004, hlm 278.