Sabtu, 02 Juni 2012

Mengenal tempat di Alkitab " Gilboa "

Gilboa (Ibrani, גלבע - GILBOA, artinya mungkin 'air mancur yang menggelembung' atau 'air yang mendidih' , meskipun ada keraguan tentang pengertian ini).

Ada kalanya nama itu digunakan tanpa kata sandang, sedangkan 'Gunung Gilboa' juga muncul. Itulah pegunungan di daerah kepunyaan suku Isakhar, dan dalam 2 Samuel 1:21 Daud menyanyikan nyanyian ratapan dengan sapaan 'Hai gunung-gunung di Gilboa'.

Di tempat itulah Saul terakhir kalinya berhadapan dengan pasukan Filistin dan di situ pula dia mengalami kematiannya (1 Samuel 28:4; 31) bersama-sama dengan ketiga anaknya (Yonatan, Abinadab dan Malkisua, 1 Samuel 31:2).




* 1 Samuel 31:8
LAI TB, Ketika keesokan harinya orang Filistin datang merampasi orang-orang yang mati terbunuh itu, didapati mereka Saul dan ketiga anaknya tergelimpang di pegunungan Gilboa.
KJV, And it came to pass on the morrow, when the Philistines came to strip the slain, that they found Saul and his three sons fallen in mount Gilboa.
Hebrew,
וַיְהִי מִמָּחֳרָת וַיָּבֹאוּ פְלִשְׁתִּים לְפַשֵּׁט אֶת־הַחֲלָלִים וַיִּמְצְאוּ אֶת־שָׁאוּל וְאֶת־שְׁלֹשֶׁת בָּנָיו נֹפְלִים בְּהַר הַגִּלְבֹּעַ׃
Translit, VAYEHI MIMAKHORAT VAYAVO'U FELISYTIM LEFASYET 'ET-HAKHALALIM VAYIMTSE'U 'ET-SYA'UL VE'ET-SYELOSYET BANAV NOFLIM BEHAR {di gunung} HAGILBO'A {Gilboa}

Agak mengherankan juga bahwa pasukan Filistin berada demikian jauh di utara, padahal jalur lintas dari Filistia ke Esdraelon adalah jalan yang mudah bagi pasukan tentara. Bukit-bukit tersebut sekarang ini disebut Jebel Fuku'a, tapi nama kunonya dilestarikan di desa Jelbon di lereng bukit.

Artikel terkait :
- DAUD, di daud-vt3003.html#p16839
- SAUL, di saul-yonatan-vt3053.html#p16983