Senin, 20 Februari 2012

Heaven's Rain : Mengampuni Pembunuh Orang Tuanya


Dengan apakah Brooks Douglass bisa bertahan hidup setelah orang tuanya dibunuh secara brutal, mengampuni pembunuh orangtuanya, menulis skenario dan berperan sebagai ayahnya dalam sebuah film yang menceritakan tragedi kelam dalam hidupnya?    Dengan iman.

Brooks Douglass menceritakan kisah tragis keluarganya dalam film terbaru "Heaven’s Rain”. Film ini menceritakan bagaimana kehidupan keluarganya berubah setelah dua pria menodong orang tua dan dirinya lalu memperkosa kakaknya dan menembaki mereka secara brutal.

Douglass dan adiknya, Leslie, dibesarkan dalam keluarga Kristen, kedua orang tua mereka melayani sebagai misionaris di ladang misi di Brasil. Keluarga mereka kemudian pindah ke Oklahoma City dan ayahnya menjadi pemimpin sebuah gereja Baptis.

Pada  tanggal 15 Oktober 1979, mereka hidup sesuai dengan apa yang mereka khotbahkan yaitu dengan  menawarkan bantuan kepada seorang pria yang bertanya apakah ia bisa menggunakan telepon mereka. Pria itu Glen Ake bergabung dengan rekannya Steven Hatch  mengeluarkan senjatanya dan menodong keluarganya. Douglass, yang berumur 16 pada waktu itu, diikat bersama orang tuanya sementara adiknya yang berumur 12 tahun dibawa ke lantai dua dan diperkosa.

Kedua pria itu kemudian menembak semua anggota keluarga Douglass dan meninggalkannya begitu saja karena mereka mengira  semuanya sudah mati. Douglass dan adiknya berhasil bertahan sementara orang tua mereka meninggal seketika. Mereka meninggalkan rumah mereka dan mencari pertolongan.

Douglass, sekarang 48 tahun, mengatakan bahwa apa yang terjadi padanya tidak membuatnya berpaling dari imannya. "Saya tentu tidak pernah berpikir untuk meninggalkan iman saya. Ada begitu banyak cara di mana saya melihat tangan Allah di tempat kerja saya dan dari waktu ke waktu. Pasti ada saat-saat aku marah pada Tuhan. "

Ketika ia dan adiknya meninggalkan rumah mencari pertolongan, ia menyadari bahwa tidak ada yang  pernah terjadi tanpa tangan Tuhan bekerja. Meskipun ia tidak benar-benar memahami alasan mengapa hal itu terjadi, ia tahu bahwa ada alasan mengapa ia dan adiknya selamat.

"Saya berteriak pada Tuhan bertanya kepada Dia mengapa Dia membiarkan ini terjadi tapi jawabannya selalu kembali mengatakan 'Aku bersamamu, Aku lebih dekat kepadamu dan  sekarang Akupun selalu bersamamu." Dia menambahkan, "Allah benar dengan firman-Nya. Aku punya keluarga. "

Pada tahun 1990 ia terpilih sebagai senator  termuda negara bagian di Oklahoma ketika dia berusia 27 tahun. Dia mendorong undang-undang yang memungkinkan korban kejahatan untuk menyaksikan eksekusi, yang memungkinkan dia dan adiknya untuk menonton aliran racun ke pembuluh darah Steven Hatch.

Glen Ake dan temannya ditangkap pada tahun 1980 dan dijatuhi hukuman mati. Tapi selama sekitar 16 tahun Douglass harus pergi ke pengadilan untuk bersaksi tentang apa yang telah  terjadi.

Pada tahun 1995, Douglas meminta kesempatan untuk berbicara dengan Glen Ake. Itu adalah  yang momen diceritakan dalam film dan menjadi salah satu adegan paling penting. Ketika ditanya apa yang ia rasakan selama adegan bahwa ia berkata, "Ini jauh lebih buruk daripada apa yang saya pikir akan. Itu sangat brutal. Ini adalah sesuatu yang saya tidak pernah ingin lakukan lagi. "

Karena ia berasal dari keluarga yang menekankan kekuatan dari pengampunan, ia ingin merefleksikan kehidupan orangtuanya. Tapi "saat aku sedang berjalan di pertemuan itu, pengampunan adalah hal terakhir yang saya pikirkan, saya marah," kenangnya.

Douglass berhasil mengampuninya dan ia merasa seolah-olah ia bisa bernapas lagi.

"Ketika saya mengatakan kepadanya bahwa saya  memaafkannya, saya ingat jatuh kembali ke kursi dan benar-benar merasa seperti tubuh saya penuh dengan air dan itu adalah racun. Saya merasa seperti air itu membanjiri keluar dari ruangan dan itu sangat nyata. "

"Setelah 15 tahun, saya merasa seperti saya bisa bernapas lagi. Saya hampir sesak napas karena perasaan itu. Ketika saya berjalan keluar, dedaunan di pohon-pohon itu hijau, langit biru, semua indra saya merasakannya. "

Judul "Heaven's Rain" didasarkan pada kutipan dari Matius ("Dia mengirimkan hujan pada orang yang benar dan tidak benar") dan dari William Shakespeare ("The quality of mercy is not strained. It droppeth as the gentle rain from heaven" ).

Film ini menunjukkan bahwa iman dan pengampunan lebih kuat daripada yang pernah dibayangkan orang.

"Penyembuhan dan pengampunan adalah suatu proses," menyimpulkan Douglass. "Kadang-kadang kita hanya harus berkata 'Tuhan, aku bersedia memaafkan tapi aku belum siap untuk mengampuni sekarang' dan benar-benar jujur ​​dengan diri sendiri. Saya berpikir bahwa Allah dapat menghormati itu dan bekerja dalam hati kita untuk akhirnya membawa kita ke tempat di mana kita bisa mengampuni. " (Christian Post)