Selasa, 31 Januari 2012

Pelajar Kristen Mesir Dibunuh Karena Menolak Melepas Kalung Salib



Ayman Nabil Labib, 17 tahun Kristen, dibunuh oleh teman sekelasnya setelah menolak untuk melepas sebuah kalung salib yang ia kenakan, menurut laporan di majalah AINA. Labib meninggal di Mallawi pusat kota Mesir setelah seorang guru meminta pelajar SMA itu untuk menutupi tato salib di pergelangan tangannya. Labib menolak dan malah menyingkapkan kalung salibnya.
"Guru nyaris mencekik anak saya, dan beberapa pelajar bergabung dalam pemukulan," kata ayah Labib itu kepada AINA. "Mereka memukuli anak saya di dalam kelas lalu dia lari ke toilet di lantai dasar, tetapi mereka mengikutinya dan melanjutkan serangan mereka," kata ibu korban kepada kantor berita. "Ketika salah satu supervisor membawanya ke ruangannya, Ayman masih bernapas. Ambulans mengangkut dia dari sana tetapi dia meninggal satu jam kemudian. "
Para penyidik menagkap dan menahan dua mahasiswa muslim, Mostapha Essam dan Walid Mostafa Sayed, sambil menunggu penyelidikan dalam kasus pembunuhan. Sang ayah mengatakan kepada AINA bahwa tidak ada satupun orang tua siswa yang menjadi saksi pembunuhan itu membiarkan anak-anak mereka datang ke depan dan memberikan pernyataan kepada polisi. "Mereka takut."
Teman sekelas Ayman mengklaim bahwa guru bahasa Arabnya, Usama Hasan Mahmud, mulai menghina dan melecehkan Ayman selama kelas berlangsung pada tanggal 16 Oktober. Gurunya mengatakan kepada Ayman untuk menghapus salib dari pergelangan tangannya mana, sebagaimana mayoritas anggota komunitas Ortodoks Koptik, ia memiliki tato kecil salib Koptik tradisional. Ketika Ayman menjawab bahwa salib adalah tato dan tidak mungkin untuk menghapus, dan menambahkan bahwa di dalam kemejanya ia juga mengenakan kalung salib, gurunya menjadi marah. Saksi melaporkan bahwa ia berpaling kepada siswa yang lain dan bertanya, "Apa yang akan kita lakukan dengan dia?"Menurut teman sekelas, dua pelajar, Mustafa Sayyid Walid dan Mustafa Hasanayn 'Issam, yang diminta pendapat oleh Hasan mulai menyerang Ayman. Kemudian mereka memimpin sekelompok siswa yang jumlahnya 15 orang untuk mengejar Ayman saat dia berjuang untuk melarikan diri, akhirnya memojokkannya di kamar mandi. Pada saat itu, dua pengawas sekolah , Tahir dan Muhammad Sayyid Husain, dilaporkan memaksa Ayman ke kamar guru, yang memberikan privasi kepada para penyerang. Ada kelompok yang membunuh Ayman: tubuh-Nya diduga menunjukkan tanda-tanda strangulasi dan setelah menerima pukulan berat di kepala dengan benda tajam. Sertifikat kematiannya hanya menjelasan, "kehilangan sirkulasi dan fungsi pernapasan yang sangat parah" sebagai penyebab kematian, menambahkan bahwa "kondisi sedang diselidiki." Pemerintah Mesir merespons dengan menyelidiki kedua pelajar yang menjadi pemimpin teman-temannya dalam serangan itu, Sayyid dan 'Issam, dan kemudian mendakwa mereka dengan pembunuhan. Gubernur al-Minya, kepala polisi setempat, dan pejabat dari Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (otoritas militer yang berkuasa, atau SCAF) juga mengunjungi keluarga Ayman setelah pemakaman putra mereka.
Namun, guru, Hasan, yang menghasut serangan, dan supervisor, Husain dan Sayyid, yang secara aktif bersekongkol dalam pembunuhan dan mungkin mereka sendiri memiliki peranan langsung dalam kekerasan yang mematikan, belum ditangkap. Orang-orang dewasa, yang menjadi pegawai publik dan yang tindakannya menyebabkan kematian Ayman itu, sejauh ini bebas tanpa hukuman.
"Saya terguncang sampai ke tulang ketika saya membaca berita bahwa seorang guru memaksa siswa untuk melepas salib yang dikenakannya, dan ketika mahasiswa Kristen berdiri teguh hak-haknya, guru bertengkar dengan dia, bergabung dengan beberapa siswa; menyerangnya sampai napas terakhir, "tulis kolumnis El-Shobashy Farida menulis dalam surat kabar harian Mesir Al-Masry al-Youm.