Jumat, 04 April 2014

Memberitakan Yesus kepada perampok

Seorang manajer toko hand phone yang berusia 20 tahun, Nayara Goncalves berhasil menghentikan aksi perampokan di tokonya dengan memberitakan Yesus kepada perampok yang memegang senjata api.
Pria itu, yang belakangan dikenali sebagai Israel Camacho, akhirnya meminta maaf dan meninggalkan toko itu tanpa mengambil apa-apa.
Ketua kepolisian setempat saat dihubungi berkata, "Selama 14 tahun menjadi polisi saya tidak pernah menemukan orang yang bisa begitu tenang saat dirampok. Nayara dengan tenang berbicara dengan sang perampok dan berhasil menenangkan dia."
Nayara berkata bahwa ia menerima inspirasi dari Allah untuk berbicara kepada perampok itu. "Dia tidak terlihat jahat, itulah yang membuat saya lebih berani untuk berbicara tentang Yesus kepadanya. Tak terlintas di pikiran saya bahwa saya dapat dengan tenang memberitakan Yesus saat berhadapan dengan seorang yang memegang senjata api."
Di dalam peristiwa yang terjadi di Florida, Amerika Seikat pada tanggal 23 Juli 2010, Nayara memberitahu pria itu, "Saya akan memberitahu Anda tentang Yesus."
Wanita Kristen itu berkata, "Saya tidak tahu apa yang sedang Anda alami, tapi kita semua sedang mengalami waktu-waktu yang sangat sulit sekarang."
"Saya seorang Kristen dan saya mempunyai Allah, dan biarlah saya memberitahu Anda bahwa Tuhan dapat mengubah hidup Anda, Anda tidak perlu melakukan ini."
Nayara juga dengan tenang memberitahu perampok itu bahwa uang kasnya tidak banyak dan menasehati perampok itu untuk meminjam dari teman-teman dan juga menawarkan untuk membantunya mencari pekerjaan.
Pria itu berkata bahwa dia punya pekerjaan dan dia memang malu karena harus merampok tapi keadaannya sangat mendesak. Ia harus mencari uang sebanyak 300 dollar agar keluarganya tidak diusir dari rumah. Dia juga sudah berusaha meminjam ke mana-mana tapi tidak berhasil.
Setelah mendengarkan Nayara selama lima menit, perampok itu akhirnya meminta maaf dan meninggalkan toko hand phone itu tanpa mengambil apa-apa.
Dari percakapan yang terrekam di CCTV, perampok itu sepertinya agak menyesal tapi kelihatannya penyesalan itu tidak cukup untuk membuatnya bertobat. Selang beberapa jam kemudian, dia melakukan aksi perampokan di sebuah toko sepatu tidak jauh dari toko hand phone itu. Namun para saksi mata berkata, sebelum meninggalkan toko, Camacho sempat mengucapkan, "Tuhan memberkati Anda," kepada para korbannya. Camacho sekarang sudah berhasil ditangkap polisi.
Bagi Nayara sendiri, ia berharap untuk menghabiskan hidupnya memberitakan Injil. Perampok itu sebelum meninggalkan toko berkata kepadanya, "Allah akan hadir dalam hidup Anda karena apa yang Anda lakukan dan sikap Anda terhadap saya." Nayara berkata, "Mungkin saya sudah menanamkan sedikit benih di dalam hidupnya, itulah harapan saya."
(Berdasarkan pemberitaan di BBC, CBS dan Newstimes)