Rabu, 18 Juli 2012

Mengenal Tokoh dalam Alkitab " Teudas "


1. Theudas - Tokoh dalam Alkitab PB
* Kisah 5:34-37
5:34 Tetapi seorang Farisi dalam Mahkamah Agama itu, yang bernama Gamaliel, seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak, bangkit dan meminta, supaya orang-orang itu disuruh keluar sebentar.
5:35 Sesudah itu ia berkata kepada sidang: "Hai orang-orang Israel, pertimbangkanlah baik-baik, apa yang hendak kamu perbuat terhadap orang-orang ini!
5:36 Sebab dahulu telah muncul si Teudas, yang mengaku dirinya seorang istimewa dan ia mempunyai kira-kira empat ratus orang pengikut; tetapi ia dibunuh dan cerai-berailah seluruh pengikutnya dan lenyap.
5:37 Sesudah dia, pada waktu pendaftaran penduduk, muncullah si Yudas, seorang Galilea. Ia menyeret banyak orang dalam pemberontakannya, tetapi ia juga tewas dan cerai-berailah seluruh pengikutnya.


Theudas/ Teudas (Yunani, θευδας - theudas:

Ringkasan :
Disebut pertama : Kisah 5:36
Namanya disebut : 1X
Kitab yang menyebut : Kisah Para Rasul.
Pekerjaan : Pemberontak
Fakta penting : Gamaliel mengatakan Teudas, sebagai sebagai memperingatkan orang Farisi terhadap penyiksaan para rasul yang tidak benar.
Karakter:
1. Theudas, anarkhis. Kisah 5:36b
2. Theudas, Congkak. Kisah 5:36a
3. Theudas, yang dibunuh. Kisah 5:36c
Origenes (Contra Celsum, 1.57) berkata Teudas ini berontak 'sebelum Yesus lahir'. Ini bisa merupakan kesimpulan yg dia ambil dari bagian ini, atas dasar bahwa Gamaliel berkata pemberontakan Teudas mendahului pemberontakan Yudas.
Catatan Alkitab mencatat dalam Kisah 5:36-37, Teudas dilihat sebagai pendahulu dari pemberontak lain, yaitu Yudas, yang mati pada 6 sM. Kisah Para Rasul mencatat pada waktu Gamaliel berkata-kata (Kisah 5:34) waktunya adalah sekitar tahun 30M.

Kisah 5:36 menyebut seorang penipu (barangkali ia menonjolkan dirinya Mesias) yang mengumpulkan sekitar 400 orang menjadi pengikutnya; tapi ia sendiri dibunuh dan pengikutnya berserakan. Kegiatannya itu barangkali adalah salah satu dari sekian kekacauan yang timbul di Yudea sesudah Herodes meninggal pada thn 4 sM.



2. Theudas - Tokoh dalam Sejarah Umum

Theudas, salah seorang yang mengaku dirinya adalah "Mesias" (bandingkan nubuat Yesus dalam khotbah-yesus-kristus-di-bukit-zaitun-matius-24-1-25-46-vt2287.html ). Theudas berjanji memimpin pengikutnya dalam pemberontakan melawan Roma. Dalam tulisan Yosefus (Ant. 20.5.1), disebut seorang tukang sihir bernama Teudas, yang membawa banyak pengikut ke Sungai Yordan, sambil menjanjikan bahwa sungai itu akan terbelah dua jika dia perintahkan, sehingga mereka dapat menyeberanginya dalam keadaan kering. Mereka diserang pasukan berkuda suruhan Wali Negeri Fadus, dan kepala Teudas dipenggal, dibawa ke Yerusalem. Menurut Josephus, ia dibunuh pada 44 M.

 Sumber:
- Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, Vol 2, Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 1994, hlm 469
- Kamus Sabda.