Sabtu, 21 Juli 2012

Mengenal Tokoh Alkitab " Daniel "

DANIEL


Daniel, (Ibrani , דִּנִיֵּאל - DANIYEL, dari kata דָּן - DAN, hakim, dan אֵל - 'EL, Maka דִּנִיֵּאל - DANIYEL artinya adalah: Hakimku ialah Allah).

Ada 4 orang bernama Daniel :

1. Anak Daud yang kedua (I Tawarikh 3: 1) dari Abigail, yang disebut juga 'Khileab'. Walaupun dia lebih tua dari Absalom dan Adonia, tak ada lagi yang diceritakan tentangnya, dan hal ini mengisyaratkan bahwa ia meninggal pada usia muda.

2. Seorang turunan Itamar, yg menyertai Ezra (8:2) dan penandatangan (atau yg membubuhi meterai pada) perjanjian (Nehemia 10: 1,6).

3. Seorang yang hikmatnya dan kebenarannya luar biasa. yg namanya digabungkan dengan Nuh dan Ayub (Yehezkiel 14: 14, 20), dan yang disebut lagi dalam 28:3. Barangkali sama dengan Dan' el dalam naskah Ugarit, atau, jika tidak, dengan no 4 di bawah.

4. Yang keempat dari yang disebut nabi-nabi 'besar', yang tentang hidupnya yg mula-mula tidak kita ketahui apa-apa, kecuali yang diceritakan dalam kitab yang memakai namanya. Seorang Israel dari keturunan raja dan bangsawan (bnd Josephus, Antiquities. 10. 188)
    Disebut pertama : Yehezkiel 14:14
    Namanya disebut : 87 kali.
    Kitab yang menyebut : 4 buku : Yehezkiel, Daniel, Matius dan Markus.
    Pekerjaan : Pimpinan politik dan Nabi - Daniel 2:48, Daniel 5:10-12.
    Tempat kelahiran : Yehuda - Daniel 1:1-6
    Tempat kematian : Babel.
    Terakhir disebut : Markus 13:14
    Fakta penting : Ia melayani sebagai Perdana Mentri di Babel, di bawah Nebukadnezar dan Darius (Daniel 2:48:6:1-3).

Daniel dibawa tertawan ke Babel oleh Nebukadnezar pada tahun ke-3 pemerintahan Yoyakin. Beserta beberapa temannya dilatih khusus untuk melayani raja (Daniel 1:1-6). Menurut kebiasaan pada zaman itu ia diberikan (ayat 7) nama Beltsazar (Daniel 1:6-7), suatu nama Babel. Ia menjadi ternama, pertama-tama sebagai penafsir dari penglihatan-penglihatan orang lain (pasal 2-5). kemudian penafsir dari penglihatannya sendiri, yang menubuatkan kemenangan mendatang dari kerajaan Mesias (pasal 7-12).
Daniel Sang Nabi, termasyhur karena kecerdasannya, ia dengan berhasil menduduki jabatan-jabatan utama pemerintahan pada zaman Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius. Penglihatannya yg terakhir terjadi di tepi S Tigris pada thn ke-3 pemerintahan raja Koresy.



Sumber :
Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, Vol 1, Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2004, hlm 233.