Rabu, 28 Desember 2011

Sebab Mereka TIDAK TAHU Apa yang Mereka Perbuat (Lukas 23:34a)

Lukas 23:34a
Yesus berkata:
"Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."

Semua orang yang mengaku percaya kepada Yesus Kristus adalah orang-orang yang tahu bahwa Yesus tidak layak untuk disalibkan sebab Yesus tidak melakukan kesalahan apapun yang membuat-Nya pantas menerima penghukuman itu. Semua orang yang mengaku percaya kepada Yesus Kristus adalah orang-orang yang tahu bahwa kematian Yesus Kristus di kayu salib itu dikerjakan Yesus adalah karena dosa-dosanya, bukan karena dosa-dosa Yesus sendiri. Misalnya, Yesus mati karena kesombongan kita, karena tindak kekerasan yang kita lakukan, karena penyalahgunaan kepercayaan, karena perzinahan kita, karena pencurian yang kita lakukan, karena pembunuhan kita, karena kemunafikan kita, karena kebohongan kita, dan lain-lain. Singkatnya, dosa-dosa manusialah yang telah menyalibkan Yesus. Itu sudah diketahui oleh semua orang yang mengaku percaya kepada Yesus yang tersalib itu.

Nah, kalau seseorang sudah tahu bahwa Yesus mati karena, misalnya, perbuatan mencuri yang ia lakukan, namun ia tetap saja mencuri dan mencuri, maka masih berlakukah perkataan Yesus, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." ? Bukankah ia sudah tahu apa yang ia perbuat? Ia sudah tahu bahwa perbuatan mencuri itu adalah dosa dan karena itulah Yesus tersalib, tetapi dengan kesadaran yang sama ia tetap melakukan perbuatan dosa.

Penulis Ibrani menjawab:

10:26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. 10:27 Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka. 10:28 Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi. 10:29 Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?


Dosa-dosa yang sudah tertebus tidak boleh lagi kita lakukan. Sebab tidak ada lagi korban penebusan dosa untuk itu (lih di atas, Ibr 10:26). Jadi apa yang harus kita lakukan? MENGAKU DOSA DAN BERTOBAT.

1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Pengampunan akan terus diberlakukan lagi bagi kita namun dengan satu catatan:

Yohanes 8:10-11 --- 8:10 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" 8:11 Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

JANGAN BERBUAT DOSA LAGI DARI SEKARANG. Jangan melakukan dosa yang sudah diampuni, karena itu sama artinya MENGINJAK-INJAK ANAK ALLAH DAN MENGHINA ROH KASIH KARUNIA (Ibr 10:29)