Jumat, 25 November 2011

Daftar Gereja Terbesar di Amerika Serikat

DAFTAR GEREJA TERBESAR DI AMERIKA SERIKAT

Ketika saya menulis ini, tidak ada maksud untuk mengkompetisikan gereja-gereja untuk mengumpulkan jemaat sebanyak-banyaknya dan kemudian diselewengkan. Karena saat ini ada banyak anggapan bahwa gereja dengan jemaat besar adalah gereja yang diberkati Tuhan, tapi tidak sebaliknya.
Saya tuliskan data ini, hanya sekedar kesukaan saya untuk menghasilkan data dan statistik. Dan perlu diingat juga, bahwa jumlah jemaat yang ditampilkan merupakan jumlah jemaat yang beribadah di tempat tersebut (tidak termasuk cabang). Berikut adalah daftarnya:

1. Lakewood Church
Lokasi : Houston, Texas
Senior Pastor : Joel Osteen
Jumlah Jemaat Aktif : 43.500
Denominasi : Injili Kharismatik

Lakewood Chuuch adalah gereja Kristen terbesar yang terletak di Houston, Texas. Walaupun mengaku antar-denominasi, namun kita dapat melihat dengan jelas bahwa gereja ini sangat kental dengan ajaran Kharismatik, mulai dari praise & worship, doktrin, tata ibadah dan lainnya.
Rata-rata lebih dari 43.500 jemaat per minggu untuk menempati 16.800 kursi yang terletak di Central Campus Gereja Lakewood yang terletak di Compaq Center. Setiap minggunya gereja ini melayani empat sesi ibadah dalam bahasa Inggris dan satu sesi ibadah dalam bahasa Spanyol.
Gereja Lakewood didirikan oleh John Osteen dan istrinya, Dodie, pada tahun 1959 di sebuah toko pakan yang sudah tidak dipakai lagi di sebuah lingkungan yang didominasi oleh orang kulit hitam. Sebelumnya, John Osteen adalah seorang pendeta Southern Baptist, namun, setelah mengalami baptisan dalam Roh Kudus, ia mengundurkan diri dari persekutuan Baptis dan memulai perintisan Lakewood Church. Pada tahun 1979,kehadiran jemaat rata-rata lebih dari lima ribu jiwa per minggu, dan gereja itu menjadi menonjol diantara Pentakosta dan karismatik.
http://www.lakewood.cc/

2. First Baptist Church
Lokasi: Jacksonville, Florida
Senior Pastor: Mac Brunson
Jumlah Jemaat Aktif: 28.000
Denominasi: Baptis



Gereja ini awalnya didirikan pada tahun 1838 dengan nama Betel Baptist Church dimana jemaat awalnya hanya enam orang dimana dua diantaranya adalah jemaat berkulit hitam (sesuatu yang aneh pada zaman itu ketika orang kulit putih duduk berdampingan dengan kulit hitam). Pertumbuhan jemaat dengan cepat terjadi khususnya jemaat berkulit hitam yang bekerja sebagai budak.
Sempat mengalami perpecahan karena isu rasial dimana jemaat kulit putih memisahkan diri dan membentuk gereja sendiri yang sekarang ini bernama First Baptist Church. Walau awalnya gereja ini didirikan oleh kulit putih, namun saat ini jemaat kulit hitam yang hadir tiap minggunya hampir sama dengan jemaat kulit putih.
Gereja ini cukup dikenal ketika tahun 2002, Pastor Seniornya Jerry Vines mengkritik tentang Islam. Dimana dia mengatakan bahwa "Allah (tuhannya orang Islam) bukanlah Yehova... Karena Yehova tidak pernah menjadikan umatNya menjadi teroris dan membunuh ribuan orang". Kalimat penuh kontroversi lainnya adalah ketika dia mengatakan "Yesus lahir dari perawan Maria sedangkan Muhammad adalah seorang Pedofilia penyuka gadis tahun yang memiliki 12 istri" (Aisha salah satu istrinya dinikahi ketika berusia 12 tahun).
http://www.fbcjax.com/


3. Life Church
Lokasi : Edmond, Oklahoma
Senior Pastor : Craig Groeschel
Jumlah Jemaat Aktif : 26.800
Denominasi : Evangelical (Injili) Kharismatik


LifeChurch.tv (juga dikenal sebagai Life Covenant Church atau hanya "Life Church") adalah gereja berlatar belakang evangelikal yang memiliki gereja di banyak cabang di enam negara bagian Amerika Serikat. Craig Groeschel adalah pendiri dan pendeta senior dari LifeChurch.tv. Setiap minggu, jumlah jemaat yang hadir mencapai 25.000 jiwa dengan jemaat yang terdaftar aktif sebanyak 26.776.


Lifechurch memiliki dressing code kasual dimana jemaat sebagian besar mengenakan jeans dan pakaian kasual, termasuk pelayan ibadah, gaya musik pop-rock dan pujian-penyembahan, dengan pertunjukankonser diperkuat gaya dan lirik ditampilkan di proyektor.
http://www.lifechurch.tv/

4. Willow Creek Community Church
Lokasi : South Barrington, Illinois
Senior Pastor : Bill Hybels
Jumlah Jemaat Aktif : 23.400
Denominasi : Fundamental Kharismatik


Willow Creek Community Church (atau Willow Creek Church) adalah gereja Kharismatik yang terletak di pinggiran Selatan Chicago Barrington, Illinois. Gereja ini didirikan pada tanggal 12 Oktober 1975 oleh Bill Hybels, yang saat ini menjabat sebagai Pastor Senior. Gereja melayani tiga sesi ibadah pada hari minggu dengan rata-rata kehadiran jemaat hampir 23.000.

Willow Creek Community Church menyatakan bahwa misinya adalah untuk "membuat orang tidak beragama sepenuhnya menjadi pengikut setia Yesus Kristus." Gereja ini memiliki keyakinan pada Alkitab, dan menegaskan bahwa Alkitab terjadi karena diilhami oleh Allah, tanpa salah, sempurna ungkin salah, dan otoritas final atas hal-hal yang mencakup.

Walaupun mengakui dirinya inter-denominasi, gaya ibadah gereja ini seperti layaknya gereja Kharismatik, namun doktrin yang dianutnya sangat kental dengan doktrin Fundamental (Baptis garis keras).
http://www.willowcreek.org/

5. North Point Community Church
Lokasi : Alpharetta, Georgia
Senior Pastor : Andy Stanley
Jumlah Jemaat Aktif : 23.377
Denominasi : Injili Kharismatik


Setiap minggu gereja ini dihadiri rata-rata sekitar 24.000 jemaat. Uniknya gereja ini adalah banyak melibatkan relawan yang berasal dari jemaat dan membuat jemaat makin bertumbuh. Afiliasi dengan North Point Ministries yang memiliki banyak sekali gereja anggota membuat gereja ini memiliki banyak link dengan gereja lainnya.
http://www.northpoint.org/

6. Second Baptist Church
Lokasi : Houston, Texas
Senior Pastor : Edwin Young, Sr.
Jumlah Jemaat Aktif : 22.723
Denominasi : Baptis


Pada tahun 1999 Gereja ini membangun Kampus Barat yang memiliki 4.500 kursi dengan bangunan terpisah untuk program pendidikan, pernikahan, pemakaman, dan acara lainnya. Tempat ini termasuk fasilitas ruangan ibadah seluas 19.000 m2 kelas dan sebuah teater dengan 600 kursi black-box. Pada tahun 2004 Forest Cove Baptist Church bergabung dengan gereja ini dan berganti nama menjadi Kampus Utara, sementara tahun 2006 satelit kampus di Pearland dan barat laut Houston didirikan.

Di bawah kepemimpinan Ed Young yang merupakan ayah dari Ed Young, Jr.) gereja tumbuh dengan rata-rata jemaat 500 jiwa pada tahun 1978 menjadilebih dari 24.000 hari ini. Selain sarana ibadah, tempat ini memiliki pusat kebugaran, toko buku, pusat informasi, kafe, K-12 dan bengkel gratis untuk ibu tunggal.
http://www.second.org/

6. SaddlebackValley Community Church
Lokasi: Lake Forest, California
Senior Pastor : Rick Warren
Jumlah Jemaat Aktif : 22.418
Denominasi : Baptist


Gereja Saddleback adalah gereja yang berlokasi di Lake Forest, California, terletak di selatan Orange County, dan berafiliasi dengan Southern Baptist Convention. Gereja ini didirikan pada tahun 1980 oleh Pastor Rick Warren. Jemaat yang hadir rata-rata per minggu hampir 20.000.


Rick Warren adalah seorang Pastor yang dikenal karena tulisan dan buku-bukunya yang menjadi best-seller seperti Purpose Driven Church, dan yang paling dikenal adalah The Purpose Driven Life yang terjual lebih dari 30 juta kopi dan memasukkan namanya sebagai penulis best-seller di daftar New York Times.
http://www.saddleback.com/

7. Fellowship Church
Lokasi : Grapevine, Texas
Senior Pastor : Ed Young, Jr.
Jumlah Jemaat Aktif : 24.000
Denominasi : Injili Kharismatik


Fellowship Church (FC) adalah sebuah gereja Injili yang terletak di Grapevine, Texas, pinggiran kota Dallas, yang berafiliasi dengan Southern Baptist Convention. FC adalah salah satu gereja terbesar dan pertumbuhan tercepat di AmerikaSerikat, dengan kehadiran diperkirakan melebihi 20.000. Senior Pastor FC adalah Ed Young (putra Edwin Young, Sr - Pastor Senior Second Baptist Church).
Meskipun secara resmi menjadi anggota dari Southern Baptist Convention (SBC),namun keanggotaannya hanyalah karena ayah dari Ed Young adalah Pastor dari aliran Baptis yang sebenarnya sangat jauh berbeda dalam hal doktrin. Akibatnya gereja ini tidak aktif dalam mengikuti konfrensi Southern Baptis yang diadakan
http://www.fellowshipchurch.com/