Rabu, 02 November 2011

7 Teladan Doa dari Yesus

Ketika kita berbicara tentang doa, maka Yesus sendiri adalah contoh terbaik. Tidak ada cara terbaik untuk belajar berdoa selain Tuhan menempatkan diriNya sendiri sebagai contoh dan mengajari kita. Ada 7 hal penting yang ditunjukkan Yesus dalam berdoa:

01. Yesus menunjukkan bahwa berdoa itu harus SERIUS
Bagi Yesus, berdoa jauh lebih penting dari udara yang Dia hirup, makanan yang Dia makan dan air yang Dia minum. Sama seperti pentingnya makanan untuk mendukung kehidupan fisik kita maka doa pun sama pentingnya untuk mendukung kehidupan rohani kita. Karena itu sangatlah penting apabila kehidupan berdoa kita dilakukan dengan serius melebihi apapun (1 Tesalonika 3:10)

02. Yesus menunjukkan bahwa berdoa itu harus RAHASIA
Berdoa adalah sebuah pertemuan dengan Tuhan. Berdoa bukanlah berbicara dengan seseorang melainkan dengan Bapa Sorgawi. Berdoa diperuntukkan hanya untuk Tuhan saja. Kalau kita melihat bahwa berdoa itu serius maka kita akan menjauh dan menghilangkan semua pengganggu yang bisa mengalihkan perhatian kita dalam berdoa (Matius 14:23)

03. Yesus menunjukkan bahwa berdoa itu harus SPESIFIK
Kita bisa lihat dalam Alkitab bahwa Yesus bisa berdoa sepanjang malam. Mengapa? Karena Yesus selalu berdoa dengan spesifik. HubunganNya dengan Bapa di Sorga dan misiNya serta dunia yang terhilang membuat Yesus tidak ingin kehilangan setiap hal itu di dalam doaNya. Setiap hal, setiap langkah, setiap orang dibawaNya dalam tangan Bapa untuk perhatian yang seharusnya. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya Yesus berinvestasi dalam berdoa. (Yohanes 17)

04. Yesus menunjukkan bahwa berdoa itu harus MENYERAH
Begitu banyak orang berdoa dengan konsep yang salah. Masih ada doa yang dipanjatkan dengan harapan bahwa harapan dan permintaannya akan terkabul. Namun Yesus ingin menekankan bahwa berdoa harus disertai dengan penyerahan total pada kehendak Bapa di Sorga (Matius 6:9-10).

05. Yesus menunjukkan bahwa berdoa itu harusTULUS
Emosi yang kuat adalah bagian dari kehidupan Yesus, karena hubungannya dengan Bapa di Sorga adalah nyata dan kasihNya untuk manusia juga adalah nyata. Apabila kita terinspirasi untuk serupa dengan Yesus, maka kita pun harus menaruh perasaan yang dalam untuk setiap hal dan orangyang kita doakan (Ibrani 5:7).

06. Yesus menunjukkan bahwa berdoa itu harus YAKIN
Tuhan kita bukanlah Tuhan yang jauh, tak dapat digapai, tidak peduli ataupun terasing dari jangkauan kita. Tuhan kita adalah Tuhan yang selalu peduli dan mengetahui semua kebutuhan kita. Dia adalah Tuhan yangdapatdigapai dengan sejauh doa (Ibrani 4:16)

07. Yesus menunjukkan bahwa berdoa itu harus KONSISTEN
Tuhan kita adalah Tuhan yang selalu rindu untuk member). Kita harus menyadari betapa siapnya Tuhan untuk bagianNya, datang untuk menolong setiap kita. Jika kita mulai berpegang pada kebenaran dari bagianNya Tuhan, maka bagian kita adalah berdoa (Lukas 11:9).

Bagaimanakah kehidupan berdoa anda? Mulailah jalin hubungan yang benar dengan Tuhan melalui doa pribadi anda. Kiranya Tuhan memberkati. (kit)